Minggu, 12 Juli 2020

Review Buku Change Or Dead, Tips Menjadi Diri Berubah, Tetap Eksis, dan Sukses Tanpa Batas

Judul Buku : CHANGE OR DEAD!! (Berubah Atau Binasa!!)
Penulis : Albert Kurniawan,  S. E.
Penerbit : Grafindo Khazanah Ilmu
Tebal Buku : 178 Halaman
Cetakan I, April 2010


        Tanpa disadari, hidup ini terus berubah setiap hari, mulai dari diri kita sendiri, lingkungan keluarga, sosial, sampai pada teknologi juga berubah pesat. Namun dari semua hal, yang paling susah kita kendalikan dan perintah untuk berubah adalah diri kita sendiri. Perubahan ada digenggaman diri kita sendiri, lingkungan hanyalah salah satu alat indikator. Perubahan harus dimulai dari adanya awarenes (kesadaran) di bawah alam sadar dan kemudian diwjudkan dalam bentuk perbuatan.

        Namun dalam proses perubahan tidaklah mudah dan instant seperrti membalikkan telapak tangan. Di dalamnya dibutuhkan proses dan waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan lingkungannya dan suasana baru. Sama seperti halnya yang terjadi pada kupu-kupu yang cantik dan mampu terbang, ia mengalami banyak proses, mulai dari kepompong, ulat kemudian pada akhirnya berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Tetapi, jika dalam proses perubahan bentuk ada gangguan atau serangan maka tidak akan menjadi kupu-kupu cantik.
Nah, dari ilustrasi tersebut maka dapat digambarkan dalam mind maping pengembangan diri untuk berubah adalah sebagai berikut ini.




lebih tepatnya adalah Tips Menjadi Diri Berubah, Tetap Eksis, dan Sukses Tanpa Batas adalah dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Buka Pikiran Secara Dewasa

        Mulailah dengan pikiran yang terbuka dan jernih, maka perubahan akan dengan mudah dapat dilakukan, anda menjadi agen transformasi diri. Dunia ini akan terus berubah, siapkan diri anda dengan menerima informasi baru yang positif.

" Pemikiran terbuka untuk menggali hal baru justru akan membawa seorang ke berbagai penemuan yang tidak sengaja, tetapi berguna." (David A. Vise)

Berpikir Kreatif

       Kreativitas adalah sesuatu yang menyenangkan, membuat otak makin maksimal dalam bekerja, karena pada umumnya orang menggunakan otak kiri daripada otak kanan. Jadi, Seimbangkan otak kiri dan kanan, agar dapat mencapai impian yang lebih tinggi. Tidak semua orang dapat mencapai puncak kesuksesan dengan jangka waktu yang lama, dibutuhkan pembaharuan dan daya kreatif.

"Orang kreatif tidak takut jika ide mereka diambil orang, karena dia masih memiliki segudang ide gila lainya."

Berpikir Di Luar Kotak ( Think Out Of The Box ) 

         Bebaskan diri Anda dari kebiasaan lama atau kuno, lepaskan dan ekspresikan gaya diri Anda. Ide-ide yang gila dan terkadang juga keluar dari jalur kewajaran. Optimalkan daya otak kanan untuk memikirkan sesuatu yang imajinatif berasal dari lingkungan luar sekitar.

         Jangan menyerah ketika Anda mengalami kegagalan menciptakan ide baru, terus cari informasi yang mampu mendukung dan kekuatan kepercayaan diri Anda sendiri bahwa ide Anda mampu mendobrak kebiasaan lama. Pastikan perubahan Anda ciptakan menuju ke arah perubahan yang lebih baik lagi.

" Hidup ini terkadang sempit,tapi cobalah lihat secara keseluruhan bahwa dunia ini luas, dan memungkinkan Anda memiliki imajinasi untuk dapat keluar dari batas yang ada."

 Andalkan Kekuatan Hati

          Dalam melakukan perubahan, proses mengenal hati, dan melunakkan adalah proses yang cukup sulit, mengalahkan sikap ego diri, berjuang untuk menatap ke arah masa depan. Membangun kepercayaan diri, empati pada orang lain, danmemaafkan kesalahan orang lain merupakan kunci untuk perubahan.

          Jangan malu untuk mengatakan kata "maaf" jika Anda yang melakukan kesalahan, dan jika ada orang lain melakukan kesalahan berusahalah untuk memaafkan dengan hati yang tulus. Hal ini merupakan salah satu ajaran dari semua agama yang ada. Berusahalah untuk mempraktekkan hal tersebut, Selamat mencoba, tak ada kata terlambat untuk dapat melunakkan hati!

"Kita tidak melihat hal-hal sebagaimana adanya, kita melihat hal-hal itu sebagaimana keadaan kita."

Capai Kemenangan Pribadi

         Pola pikir orang yang berhasil dan mampu meraih kemenangan pribadi adalah orang yang mau menghargai dirinya sendiri juga orang lain. Menerima kelebihan dan kelemahan diri. Kita diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang sosial.

         Pada akhirnya jika kita mau saling menghargai dan saling mendukung satu sama lain, membuka jaringan pertemanan positif, dan berbagi ilmu serta menyerap ilmu lain, maka dapat dipastikan Anda akan meraih kemenangan pribadi. Namun perlu diingat bahwa kemenangan pribadi ini bukan saja karena kekuatan diri sendiri, tetapi juga ada andil bagian dari orang lain.

"JADI JNGAN MUDAH PUAS DENGAN HASIL YANG ANDA DAPAT SEKARANG"
"Sebuah kekuatan yang dihasilkan dari sinergi yang muncul dari keikhlasan melepaskan ego pribadi demi kepentingan bersama unuk mencapai tujuan team/organisasi" 

       Mulailah dari sekarang, beranilah untuk berubah dengan sepenuh hati sampai impian Anda tercapai, siapa tahu Anda salah satu pencetak perubahan dunia berikutnya.

       Jadi, inilah beberapa Tips Menjadi Diri Berubah, Tetap Eksis, dan Sukses Tanpa Batas. Review dari buku yang berjudul "CHANGE OR DEAD!! BERUBAH ATAU BINASA!!" Merupakan buka yang sangat baik dan sangat direkomendasikan bagi para pembaca yang benar-benar ingin berubah lebih baik dalam menjalani perjalanan hidup di dunia ini. Yuk, segera baca ya... :)

#RCO8
#OneDayOnePost#ReadingChallangeODOP8
#PengembanganDiri

6 komentar:

  1. Karena secara fitrah manusia butuh perģerakan. Artinya, akan selalu berubah. Entah ke arah yang lebih baik, atau justru sebaliknya. Disitulah peran kita untuk memilihnya, ya. Tipsnya mantap. Semoga bisa diaplikasikan dengan baik. Mari berubah menuju perbaikan diri, menuju kemenangan pribadi. 💪😁
    Nice review, Kak. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari samasama semangat perbaiki diri 😍😍😍😍

      Hapus
  2. Yang paling sulit memang merubah diri sendiri,tetapi begitu diri sudah berubah insya allah semuanya akan mengikuti

    BalasHapus
  3. Mantap reviewnya....
    Saatnya berubah, menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.Tapi tetap menjadi diri sendiri. Semoga aku bisa.

    BalasHapus
  4. Perubahan adalah kepastian wkkk

    BalasHapus