Minggu, 29 September 2019

Pengasuhan Anak


Judul : 5 Guru Kecil-Kumpulan Kisah Berhikmah Seputar Pengasuhan Anak Bag. I
Pengarang: Kiki Barkiah, S. T.
Penerbit : CV. Mastakka Global Informa
Tahun Terbit : 2016
Cetakan ke- : 3
Tebal Buku : 241 Hal

    Pola Pengasuhan Anak adalah proses yang mempengaruhi seseorang, dimana orang tua menanamkan nilai-nilai yang dipercayai dapat mendidik dan mengontrol tingkah laku anak. Seperti halnya Kiki Barkiah dalam menuangkan perasaannya mengenai pola pengasuhan kelima anaknya, maka tersusunlah buku yang berjudul “5 Guru Kecil-Kumpulan Kisah Berhikmah Seputar Pengasuhan Anak Bag. I”.

Kiki Barkiah menuliskan 3 konsep dalam pengasuhan anak yaitu aspek intelektual, aspek emosional dan aspek spiritual. Ketiga aspek itu dikemasnya dengan kegiatan homeschooling yang ia pegang sendiri demi mendidik kelima putra-putrinya.

Buku ini bukanlah buku teori parenting, buku ini adalah buku bagaimana teori parenting diaplikasikan dengan penuh kesabaran dan keyakinan. Buku ini mengangkat kisah-kisah seputar pengasuhan anak yang mungkin sangat umum terjadi dalam keluarga.

Namun atas petunjuk Allah SWT, Kiki Barkiah mampu menyibak rahasia dan mengumpulkan hikmah yang berserak dari setiap permasalahan yang dihadapi dalam pengasuhan anak sehingga menjadi pelajaran berharga bagi para orang tua. 

Buku ini tidak hanya memberikan teladan dalam mengatasi berbagai konflik yang spesifik mengenai  seputar pengasuhan anak, namun juga memberikan hikmah yang dapat menjadi ruh dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan lainnya. Meskipun permasalahan yang diangkat adalah seputar pengasuhan anak usia dini dan remaja, namun hikmah yang tergali dapat menjadi pelajaran berharga bagi orang tua dengan segala usia.

Buku ini mempunyai sistematika penulisan yang baik karena setiap kisah yang ditulis sangat mengalir dari hati sehingga mengajak pembaca mengikuti alur pemikiran dari penulisnya. Selain itu, buku ini juga mampu menampilkan ide-ide yang unik karena bukunya lebih sangat menonjolkan aspek pola pengasuhan berupa quotes hasil karya dari salah satu anak Kiki Barkiah yang memiliki banyak kreativitas dalam bidang Seni.

Buku ini cocok dibaca oleh para orang tua dan calon orang tua yang mengharapkan generasi peradaban yang lebih baik. Pada halaman pertama buku ini pembaca akan mendapatkan suntikan semangat dalam mendidik anak-anaknya, quotes berbunyi seperti ini :


Tidak ada yang lebih sempurna dari Rasulullah SAW dalam pengasuhan anak, maka berilah ruang   dalam hati kita untuk menerima bahwa kita bias salah. Maka tidak perlu kita mengatakan ‘kami merasa gagal menjadi orang tua ‘ namun katakanlah ‘bersama Allah kami bisa lebih baik lagi.”

Buku ini mempunyai kekurangan dalam hal penyajian bentuk, seperti halnya pada bagian sampul dan kertasnya. Buku ini masih belum menarik dalam penyajian warna sampul masih kusam, kurang cerah dan kurang terang dan kertas yang digunakan masih menggunakan kertas berwarna buram. Apabila dikemas dengan kertas yang tebal penuh warna yang cerah akan menjadi daya tarik bagi  pembaca yang lebih luas lagi. Bahkan dapat menarik para remaja untuk membacanya juga.

#odobbatch7
#onedayonepost
#komunitasodob

11 komentar:

  1. Pingin bukunya.. Salam dr lilis tokyo :)

    BalasHapus
  2. Wah kayanya harus baca nih sebagai pegangan hehe

    BalasHapus
  3. Bagus bukunya... Penulisnya jg keren bisa menerapkan homescholing...

    BalasHapus
  4. padahal udah masuk cetakan ketiga ya kak, artinya emang masyaallah bukunya. semoga lebih excited lagi penerbit mdesain bukunyaa aamiin :)

    BalasHapus
  5. wooww bermanfaat sekali ya kak. jadi penasaran itung-itung persiapan hihi

    BalasHapus
  6. Iya kusen ya kak covernya. Tapi lihat buku mmg gaboleh dari sampulnya. Tapi lihat sampul yang menarik pasti jauh lebih besar dipilih

    BalasHapus