Senin, 09 Desember 2019

Keajaiban Pada Ubun-Ubun Bayi



Bismillah

Hai, sobat, pernahkah diantara kalian mengamati sosok bayi yang baru lahir? Coba sesekali amati ya. Bagian atas kepala hingga ke belakang kepala si bayi. Ada sesuatu yang terkadang gerak perlahan dan jika di sentuh. Terasa lunak.

Sobat semua pernah lihat kan? Pada bayi yang baru lahir, biasanya ditemui bagian kepala yang tampak masih berdenyut-denyut. Jika bagian tersebut diraba akan terasa agak lunak. Bagian tersebut disebut ubun-ubun. Ubun-ubun tampak berdenyut karena dibagian bawahnya terdapat pembuluh darah yang agak besar. Ubun-ubun dalam bahasa kedokteran disebut Fontanel.

Ubun-ubun sebenarnya terdiri dari dua bagian; satu di depan, biasa diebut ubun-ubun depan (fontanela anterior) dan satu lagi berada di bagian belakang, biasa disebut ubun-ubun kecil atau ubun-ubun belakang (fontanela posterior).

Namun demikian, secara umum, jika disebut ubun-ubun bayi, maka yang dimaksud adalah ubun-ubun besarbyang berada di bagian depan, bukan ubun-ubun kecil yang ada di bagian belakang kepala.
Hal ini terjadi karena ubun-ubun besaar cenderung lebih mudah diamati karena besarnya dan proses menutupnya lebih lama. Sedangkan ubun-ubun kecil, ukurannya lebih kecil dan proses menutupnya lebih cepat.

Mengapa ubun-ubun muncul pada bayi yang baru lahir, namun sudah tidak ada pada orang dewasa? Jawabannya adalah ubun-ubun yang ada pada bayi didesain oleh Allah SWT  akan menutup seiring dengan pertambahan usianya. Umumnya, ubun-ubun besar akan menutup pada usia 18-24 bulan sedangkan ubun-ubun kecil akan menutup sebelum usia 5 bulan. Jadi tentu saja, ubun-ubun sudah tidak terlihat lagi pada orang dewasa.

Sebenarnya, apa sih ubun-ubun itu dan mengapa ubun-ubun bayi kok lunak?

Ubun-ubun bayi adalah sambungan tulang-tilang dengan tengkorak kepala yang belum sempurna menutup. Atau dengan kata lain, ubun-ubun merupakan ‘celah’ diantara sambungan atau pertemuan tulang-tulang yang menyusun tengkorak kepala. Ubun-ubun tampak lunak karena ‘celah; sambungan tersebut belum tertutup oleh jaringan tulang tengkorak yang keras.

Allah SWT menciptakan ubun-ubun yang masih lunak pada bayi dengan fungsi yang sangat penting. Fungsi pertama adalah sebagai ruang ketika tulang-tulang tengkorak kepala ‘menyempit’ saat prioses persalinan. Fungsi kedua, ubun-ubun juga memberikan ruang untuk tulang tengkorak kepala berkembang, mengikuti perkembangan otak di dalamnya.

Dapat dibayangkan, jika tidak ada jaringan lunak ubun-ubun, maka tulang-tulang tengkorak kepala akan keras dan kaku sehingga akan lebih sulit saat melewati proses persalinan. Lebih jauh lagi, otak bayi tidak akan berkembang menyesuaikan pertumbuhan badan dan usianya, karena tulang-tulang tengkoraak kepala sudah tidak memiliki ruang lagi untuk berkembang. Jika otaknya tetap kecil maaka tentu saja jaringan syaraf dan kemampuan otaknya juga tidak akan berkembang.

Ubun-ubun, walaupun tampak lunak, namun sebenarnya tidak selunak yang dibayangkan. Artinya jika sekadar diraba atau mendapat tekanan halus, tidak akan robek atau tembus. Sebab ubun-ubun sebenarnya memiliki lapisan membrane atau selaput yang cukup kuat untuk melindungi bagian dalam dari bagian lunak tersebut. Namun, tentu saja, anda harus berhati-hati meenyentuhnya. Cukup dielus atau diraba saja. Jika ditusuk dengan jari yang tegak lurus, tentu saja dapat tembus.

Demikian, keajaiban ubun-ubun pada bayi. Masya Allah, luar biasa sekali ciptaanya, bukan? Kalau bukan karena kehendakNya. Siapa lagi? Dia adalah benar-benar Tuhan yang Maha Pencipta Segalanya, Kun Fa Ya Kun, Jadilah maka Jadilah.

Kita sebagai manusia ciptaanNYA hanya patut berucap syukur atas segala ciptaanNya. Kesempurnaan hanyalah milik Allah. Kita sebagai manusia hanya perlu berhati-hati dalam menjaga segala kekuasaanNya.

Wallahu ‘alam

Barakallahu fiikum

#KelasNonFiksi
#OneDayOnePost

7 komentar:

  1. Makanya aku ga berani gendong bayi yg baru lahir, hehehe

    BalasHapus
  2. Bagiku ubun-ubun bayi sangat lunak, mpe ndak berani nyentuhnya :D

    BalasHapus
  3. Hebat Kakakku, senang membacanya
    #semangat

    BalasHapus
  4. Noted. Daging semua isinya 😍

    BalasHapus
  5. Maa syaa allah, selalu ada rahasia Allah di setiap ciptaanNya ya mba Ceskha

    BalasHapus