Rabu, 18 Desember 2019

Tugas 2 RCO6 : Review Buku Harry Potter dan Batu Bertuah


Judul Asli : Harry Potter and  the Philosopher’s Stone
Penulis : J. K. Rowling
Penerjemah : Listiana Srisanti
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 382 Halaman

Joanne Kathleen Rowling, Siapa sih yang tak kenal dengan penulis satu ini. Yups, betul sekali. Orang tua yang tengah berjuang membesarkan seorang putrinya ketika ia memulai menuliskan kisah Harry Potter dan Batu Bertuah pada carikan-carikan kertas di kafe setempat. Dewan seni Skotlandia secara tak terduga memberinya penghargaan yang memungkinkan ia menyelesaikan bukunya. Setelah terbit, buku  pertama ini menjadi fenomena internasional, mendapat ulasan luas di media massa, dan meraih berbagai penghargaan termasuk Buku Anak-Anak Tahun ini dari British Book Awards dan The Smarties Prize.

Harry Potter dan Batu Bertuah adalah sebuah novel pertama dalam seri Harry Potter karangan J. K. Rowling yang akan terdiri dari tujuh buku dan menampilkan Harry Potter, seorang penyihir muda. Buku ini terdiri dari 17 bab menggambarkan bagaimana Harry mmengetahui bahwa dia adalah seorang penyihir, membuat teman akrab dan beberapa musuh di Sekolah Ilmu Ghaib dan Ilmu Sihir Hogwarts, dan dengan pertolongan teman-temannya menghalangi kembalinya penyihir jahat Voldemort, yang membunuh orang tua Harry dan mencoba membunuh Harry ketika dia masih berumur satu tahun.

Judul aslinya dalam bahasa Inggris adalah Harry Potter and  the Philosopher’s Stone atau Harry Potter and  the Sorcerer’s Stone di Amerika Serikat. Buku ini pertama kali diterbitkan pada 26 juni 1997 di London oleh Bloomsburry. Mengikuti suksesnya seri ini, sudah dibuat pula seri film dan gamesnya.

Harry potter belum pernah jadi bintang tim Quidditch. Mencetak angka sambil terbang tinggi naik sapu. Dia tak tahu mantra sma sekali, belum pernah membantu menetaskan naga ataupun memakai Jubah Ghaib yang bisa membuatnya tidak kelihatan.

Selama ini dia hidup menderita beserta paman dan bibinya, serta Dudley, anak mereka yang gendhut dan manja. Kamar Harry adalah lemari sempit di bawah tangga loteng, dan selama sebelas tahun. Belum pernah sekal I pun dia merayakan ulang tahun.

Tetapi semua itu berubah dengan datangnya surat misterius yang dibawa oleh burung hantu. Surat yang mengundangnya dating ke tempat yang luar biasa, tempat yang tak terlupakan bagi Harry dan siapa saja yang membaca kisahnya. Karena di tempat itu dia tak hanya menemukan teman, olahraga udara, dan sihir dalam segala hal, dari pelajaran sampai makanan, melainkan juga takdirnya untuk menjadi penyihir besar. Kalau Harry berhasil selamat berhadapan dengan musuh bebuyutannya.

Buku ini mengandung banyak Persamaan dan perbedaan dari segi nilai budayanya, yaitu:

1.       Negara Amerika, inggris dan Indonesia sama-sama menganut paham kepercayaan seperti pada tema perdukunan atau ilmu sihir.
2.       Orang-orang Negara Amerika d, inggris dan Indonesia sama-sama suka bercanda
3.       Perbedaan terlihat karakter sopan santun dalam berjalan, orang Amerika dan inggris terbiasa setiap ada orang berjalan di belakang orang berjalan pasti akan mempersilahkan yang dibelakangnya untuk berjalan terlebih dahulu, sedangkan diindonesia belum terbiasa seperti itu. Hal itu terlihat jelas dalam penggalan cerita harry ini.
4.       Perbedaanya adalah pergaulan bebas, di Amerika Serikat dan inggris sudah terbiasa antara laki-laki dan perempuan bermain bebass. Sedangkan di Indonesia itu budaya tersebut tidak ada. Hanya sekarang-sekarag ini saja Negara Indonesia sudah mulai terjajah dengan masuknya pergaulan bebas
Jika mau dikupas lebih mendalam sebenarnya masih banyak lagi persamaan dan perbedaan budaya dari asal buku ini. Demikian ulasan Buku Terjemahan dari saya, semoga bermanfaat.

#Tugas2RCO6
#OneDayOnePost


Tidak ada komentar:

Posting Komentar