Rabu, 04 Desember 2019

Review Buku Kreasi Asyik Muslim Cilik



Judul Buku : Kreasi Asyik Muslim Cilik (Panduan Berkarya dan Belajar Islam untuk Ananda)
Penulis : Azka Madihah
Penerbit : Pro-U Media, Yogyakarta
Tahun Terbit : 2016
Tebal Buku : 114 Halaman

“Kriiiing! Kriiing!” Bel tanda istirahat di sekolah Azmi dan Izza berbunyi. Anak-anak kelas Al-Aqsha Ceria berhamburan dengan riang. Namun, saat melihat lapangan yang biasa mereka gunakan untuk bermain basah, mereka mengeluh, “ Ya, hujan…. Nggak bias main di luar dong….”

Mendengar kekecewaan murid-muridnya, ibu guru Tsabita mengingatkan dengan lembut, “Anak-anak…Allah menurunkan hujan sebagai rahmat dan berkah-Nya. Coba bayangkan kalau tidak ada hujan, bisakah tanaman dan sayuran yang selama ini kalian makan tumbuh? Karenanya, Ketika hujan turun, kita disunahkan untuk berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam : Allahumma Shayyiban naafi’aan. ‘Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat’.”

***

          Masya Allah, asyik ya, cara ibu guru mengajarkan doa ketika turun hujan pada murid-muridnya. Tak hanya mengajarkan Doa ketika turun hujan saja yang ibu guru ajarkan. Ternyata banyak sekali, ada juga “Cara Mengukur Hujan”.

Dalam Buku Kreasi Asik Muslim Cilik, Ibu Guru Azka, menjelaskan bahwa hujan adalah rahmat dan berkah dari Allah. Banyak yang bias kita pelajari dari hujan. Salah satunya adalah dengan belajar mengukur curah hujan.

Caranya, ambil toples
  1.       Plastic atau botol minum plastic yang dipotong bagian atasnya.
  2.      Tandai tinggi botol dari permukaan tanah dengan spidol dan penggaris. Misal : 5 cm, 10 cm, dan 15 cm.
  3.      Lalu tampung air hujan dan catat air yang tertampung.

Para ilmuwan peneliti memiliki alat yang sangat canggih untuk mengukur curah hujan. Namun alat pengukur curah hujan yang kita buat sangat sederhana. Sehingga kita hanya akan menggunakannya untuk membandingkan curah hujan dari waktu ke waktu. Letakkan alat pengukur hujan di lokasi yang sama setiap kali ingin melakukan percobaan ini. Apakah terlihat perbedaan air hujan yang tertampung ketika hujan gerimis dan hujan deras? Catatlah tanggal dan durasi waktu penampungan air hujan.

Wah, pembelajaran yang sangat menyenangkan, bukan?!

Ibu Guru Azka, yang mempunyai nama lengkap Azka Madihah adalah seorang ibu dan pendidik anak usia dini. Meski latar belakang pendidikannya adalah Sarjana Manajemen dari Institut Pertanian Bogor, tetapi Ibu Azka sering terlibat dalam kegiatan pendidikan anak. Jaman sekarang masih jarang buku inspirasi kreativitas bagi anak Muslim mendorongnya menulis buku Kreasi Asyik Muslim Cilik ini.

Buku ini memberikan panduan aktivitas kreatif dan menyenangkan untuk anak muslim. Buku ini menjabarkan ide-ide kreasi yang dapat dilakukan anak saat menyambut Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Kemudian beberapa aktivitas sains yang terkait alam ciptaan Allah pun tercantum di buku ini.

Buku ini juga mencontohkan cara mempelajari Al Quran, Rukun Islam, Rukun Iman, serta kisah nabi dan rasul dengan cara yang menyenangkan. Tidak lupa, setiap tema diberi penjelasan ilmiah, ayat Al Quran, hadist, dan hikmah yang mudah dipahami anak-anak.

Semoga dengan hadirnya buku ini, anak-anak Muslim di Indonesia dapat mempelajari Islam dengan ceria. Dengannya, mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang bangga dengan keislamannya dan mau berjuang menegakkan agama Allah. Semoga para orang tua dan guru mampu mengajarkan Islam dengan cara yang menggembirakan anak sehingga pelajaran Islam tidak identic dengan sesuatu yang membosankan atau bahkan menakutkan.

Yuk, ikuti kisah-kisah lainnya dalam buku ini. Melalui kisah-kisah yang inspiratif, kita dapat mengambil pelajaran nilai-nilai dasar Islam. Selain itu, dalam buku ini banyak ide dan foto kegiatan Islami kreatif yang bias kita ikuti. 

Buku yang benar-benar sangat direkomendasikan teruntuk para ibu rumah tangga yang membutuhkan buku yang menginspirasi ini. Tak hanya ibu rumah tangga, Ibu Guru anak usia dini lebih diutamakan dalam mengembangkan wawasan kreativitas dalam mengajarkan anak didiknya di sekolah. Buku Ini juga sangat direkomendasikan teruntuk putera puteri di rumah sebagai wawasan mereka mengembangkan kemampuan kreativitas yang dimilikinya.

Semoga aneka kisah dan aktivitas anak Muslim ini menjadikan Kita semakin mencintai Allah, Rasulullah, Al Quran, dan agama Islam. Sudah siap bergembira dan berbangga sebagai pendidik, pengajar dan Anak Muslim?
Mari, Bacalah J

#KelasNonFiksi
#OneDayOne Post

1 komentar:

  1. Masyaa Allah, satu lagi buku yang masuk daftar buku yag harus dibaca~ hehe terima kasiha atas tulisannya, Mbaa.

    BalasHapus