Minggu, 08 Desember 2019

Ulasan Buku 5 Guru Kecilku Bagian II





Judul : 5 Guru Kecilku Bagian II
Penulis : Kiki Barkiah
Penerbit : CV Mustakka Global Informa
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : i + 237 halaman

Guru adalah sosok yang patut diigugu dan ditiru. Sosok guru lebih banyak dengan orang-orang dewasa yang ilmunya sudah mumpuni. Namun lain halnya dengan bunda Kiki Barkiah. Beliau seorang ibu yang belajar dari kelima putra dan putrinya. Pengalaman beliau dalam mendidik dan mengasuh kelima anaknya, ia dokumentasikan dalam bentuk tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Tepatnya beliau menulis sebuah kisah pengasuhan dan pendidikan anaknya dengan judul " 5 Guru Kecilku".

Kiki Barkiah adalah seorang ibu dari 5 orang anak yang memilih homeschooling sebagai metode pendidikan bagi anak-anaknya. Beliau aktif menulis di sosial media sejak berhijrah ke California, Amerika Serikat.

Atas desakan puluhan ribu follower, akhirnya beliau mengumpulkan tulisan-tulisannya menjadi buku. Beliau sangat mencintai dunia pendidikan. Beliau sempat mendirikan sebuah sekolah homeschooling Tahfidz Al Kindi Mahardika di Kota Batam sebelum hijrah ke Amerika. Sepulang ke tanah air beliau aktif berbagi di berbagai seminar untuk memotivasi para orangtua seputar dunia pola pengasuhan anak.

Buku ini bukanlah buku teori parenting, buku ini adalah buku bagaimana teori parenting dapat diaplikasikan dengan penuh kesabaran dan keyakinan. Buku ini mengangkat kisah-kisah seputar pengasuhan anak yang mungkin sangat umum terjadi dalam keluarga. Namun atas petunjuk Allah SWT penulis mampu menyibak rahasia dan mengumpulkan hikmah yang berserak dari setiap permasalahan yang dihadapi dalam pengasuhan anak sehingga menjadi pelajaran berharga bagi para orang tua.

Buku ini tidak hanya memberikan teladan dalam mengatasi berbagai konflik yang spesifik seputar pengasuhan anak, namun juga memberikan hikmah yang dapat menjadi ruh dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan lainnya. Meskipun permasalahan yang diangkat adalah seputar pengasuhan anak usia dini dan remaja, namun hikmah yang tergali dapat menjadi pelajaran berharga bagi orang tua dengan segala usia.

Buku ini adalah buku lanjutan dari buku " 5 Guru Kecilku" bagian I, Atas rahmat Allah SWT buku tersebut menjadi buku best seller yang terjual lebih dari 1400 copy hanya dalam 1 bulan pertama setelah peluncurannya.

Buku ini juga merupakan kumpulan kisah dari kelima anaknya, namun dari cerita satu ke cerita yang lain tidak saling berkaitan, sehingga buku " 5 Guru Kecilku" bagian 2 tetap dapat dinikmati pembaca meski belum membaca buku bagian pertama. 

Setelah membaca buku ini, rasanya tidak menyesal. Buku ini sangat rekomended sekali bagi calon orang tua, guru dan mahasiswa. Bahkan bagi anak-anak juga rekomended. Pembelajaran budi pekerti sangat menonjol Kiki Barkiah dalam menuangkan ide tulisan-tulisannya.

#KelasNonfiksi
#OneDayOnePost

3 komentar:

  1. Kisah teh Kiki yang pernah hidup di AS ya kak ... Hiks, dulu berteman dg.beliau di medsos, sekarang lenyap

    BalasHapus