Selasa, 26 November 2019

Jalan-Jalan Mengenal Lingkungan Sekitar



Hai, teman-teman...Siapa sih diantara teman-teman yang tidak suka jalan-jalan? jika mendengar kata jalan-jalan, pasti terbesit dalam pikiran adalah dandan rapi, pakai baju bersih, pakaian wangi dan tak lupa bawa uang saku banyak sewaktu-waktu dipakai untuk belanja atau jajan. Sedangkan tempat yang dituju biasanya adalah nge-mall, nonton bioskop, atau ke supermarket terdekat hehe

Nah, lain halnya dengan kami anak-anak Kampus Pelangi Ceria. Rutinitas kami setiap pekan jumat ceria selalu melakukan kegiatan jalan-jalan mengelilingi lingkungan sekitar sekolah kami. Tujuan kami melakukan kegiatan tersebut adalah mentadabburi lingkungan alam semesta ciptaan Allah, mengenal lingkungan sekitar, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Dan mengenal benda-benda yang terdapat di sekitara kita.

Seperti biasa, setelah ikrar atau doa pagi di hari jumat. kami melakukan kegiatan senam   pagi untuk pemanasan otot-otot kami supaya ketika melakukan kegiatan jalan-jalan. anggota tubuh kami, kuat dan sehat. Setelah itu, baru rombongan kami memulai kegiatan jalan-jalan pagi.

Sepanjang jalan kami selalu berdendang dan saling berdecak tanya satu sama lain. setiap benda atau sesuatu yang kami lihat, pasti akan kami komentari dan kami tanyakan. Meski kami anak-anak yang usia masih menginjak usia dini. Kami tidak malu bertanya. Mengapa? karena kami mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. 



Kami sangat menyunkai berdendang atau menyanyi lagu, akhir-akhir ini kami sangat menyukai lagu "Pemandangan" jalan-ajaln pagi sembari menyanyikan lagu ini berasa menambah semangat yang luar biasa untuk kami hehe

Memandang Alam dari atas bukit
sejauh pandnag kulepaskan
sugai nampak berliku
sawah hijaumembentang
bagai permadani di kaki lagit

gunung menjulang
berpayung awan
oh...imdah pemandangan

serombongan anak-anak didik kampus pelangi ceria dengan lantang dan semangat jalan-jalan pagi sembari menyanyikan lagu "Pemandangan". Menyanyi dengan antusias dan semangat serta sepenuh hati membuat keceriaan mereka dibawah sinar mentari, semakin memukau para warga di sekitar Lingkungan Sekolah.

Warga terheran melihat kami dari kelompok yang usianya 2 tahun sampai 5 tahun dengan semangat berjalan sembari menyanyi beberapa lagu. Bahkan kami juga sembari mengulang-ulang hafalan, seperti surat pendek dan hadist-hadist. Jadi, semakin membuat warga terpukau melihat rombongan kami. 

Sepanjang jalan, guru kami juga tak pernah berhenti mengajak kami berdiskusi mengenai benda apa yang kami lihat di jalan. Misal, kami melewati sebuah taman, lalu guru kami memancing dengan pertanyaan, "apa yang kalianlihat, nak?". 

Kami dengan semangat berebut menjawab pertanyaan guru kami. Satu dengan yang lain mempunyai jawaban tersendiri, karena apa yang kami lihat juga berbeda-beda hehe....

Teman-teman ingin tahu manfaat kami melakukan kegiatan jalan-jalan mengenal lingkungan sekitar sekoalh kami ? Oke, baiklah...

Manfaatnya bagi kami adalah
1. Kami menjaadi anak yang sehat, kuat dan mandiri
2. Kami semakin dekat dengan yang menciptakan lingkungan alam sekitar
3. Kami semakin memiliki rasa ingin tahu
4. Kami semakin tahu bahwa terdapat berbagai macam ciptaan Allah
5. Kami menjadi bertambah wawasan tentang lingkungan sosial dan lingkungan alam
6.dsb

Wah, ternyata banyak juga manfaatnya ya teman-teman...

Baiklah teman-teman, demikian cerita kami hari ini ya. Sampai jumpa lagi dengan kegiatan-kegiatan kami selanjutnya ya :)

#Kelasnonfiksi
#Onedayonepost



Tidak ada komentar:

Posting Komentar