Minggu, 03 November 2019

Tantangan pekan 8 Biografi Si Penelusur Sejarah

Biografi Si Penelusur Sejarah
Ika Ratnani

Dia adalah seorang Perempuan manis dan baik hati. Tahi lalat di kening kiri menambah kekhasan sosok Guru IPS di sebuah lembaga pendidikan negeri, SMP Negeri 01 Cilacap. Dia adalah teman saya yang sama-sama tinggal di Cilacap. Saya pertama bertemu dengan mbak Ika di Komunitas Guru Menulis Cilacap. Saya kira orangnya pendiam. Namun, setelah beberapa lama berkomunikasi. Ternyata Mbak Ika orangnya ramah, baik dan supel. 

Ika Ratnani adalah nama lengkapnya, biasanya teman-teman memanggilnya Ika. Nama yang sangat familiar. Banyak guru baru sering salah kira, bahwa pemilik nama tersebut adalah seorang anak perempuan kalau tidak tahu nama panjangnya. Ika lahir di Cilacap pada tanggal 17 Juni 1984. Dia dibesarkan dari keluarga yang cinta akan pendidikan.

Pengalaman yang berkesan selama hidup mba ika adalah ketika pada  masa di bangku kuliah  ikut KSR UNS banyak pengalaman dari tingkat lokal sampai nasional. Mbak ika berusaha Melatih diri memberi pertolongan pertama. Betul-betul  membutuhkan keseriusan dan kekuatan batin. Kadang dimarahi juga orang tak dikenal.

Kemudian hal kepenulisan, mbak ika mengikuti Sejarah Lokal Cilacap. Maka terlihat jelas sosok Si Penelusur Sejarah yang handal. Nah ketika itu, kebetulan dilombakan dan mendapat juara 1.Puncak kegiatan ini dapat pengalaman menjadi Tim Penelusuran Sejarah Kab Cilacap dan menelurkan 2 buku berjudul 1) Ratu Brantarara, Menarik Benang Merah Kerajaan Nusa Tembini dan Pajajaran (solo) sama 2) Jejak Sejarah Kuno Kabupaten Cilacap (Tim).

Mba ika memang benar-benar Si Penelusur Sejarah. Sehingga sejarah budaya kita masih terus dijaga dan lestari. Mbak ika Juga menjadi guru berprestasi tingkat Kabupaten Cilacap. Hal tersebut menjadi suntikan semangat bagi mbak ika untuk terus mengembangkan bakatnya dalam bidang kepenulisan.

Untuk saat ini, kesibukan mbak ika mengikuti komunitas one day one post batch 7. Mbak ika terus semangat dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya.

Salam literasi 🍃

#odob batch7
#onedayonepost
#komunitas menulis
#Tantangan Pekan 8 Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar