Kamis, 21 November 2019

Tahukah, Kalian Binatang Reptil?

Bismillah...

Hai, teman-teman... Pernahkah teman-teman mengenal Binatang yang suka di tempat lembab dan berdarah dingin? Binatang ini juga biasanya bersisik, mempunyai kaki empat. selain itu, Binatang ini terkenal dengan Binatang Reptil. yah, memang benar. Binatang Reptil itu bermacam-macam. Ada Ular, komodo, buaya, cicak, kadal dan lain sebagainya masih banyak lagi.

Nah, Kali ini, teman-teman kami di Kampus Pelangi Ceria mempelajari atau mengenal Binatang Reptilia, Salah satunya adalah Kadal. Do yo know Kadal? Apakah teman-teman tahu, kadal itu apa?

Baiklah, teman-teman....

Kadal atau bengkarung adalah kelompok reptilia bersisik berkaki empat (beberapa spesies tidak berkaki dan mirip ular, tetapi bukan ular) yang tersebar sangat luas di dunia. Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia (beberapa literatur menyebut Sauria) yang merupakan anggota dari bangsa reptilia bersisik (Squamata) bersama dengan ular (wikipedia.com).



Ceritanya, tepat Hari Kamis tanggal 21 November 2019, teman kami, anak kelompok Saturnus Kampus Pelangi Ceria mengikuti kegiatan belajar di Sentra Seni. Dari 19 anak, ada 7 anak dari teman kami yang hari ini tidak dapat mengikuti kegiatan dikarenakan berbagai alasan. Dari mereka ada yang sakit dan ada yang izin karena kepentingan keluarga.

Meski kami hanya 12 Anak, tapi kami tetap semangat mengikuti kegiatan. apalagi di sentra seni bermain dan belajar bersama ustadzah idola kami, yaitu ustadzah Ceskha. Ustadzah yang selalu ceria dan semangat ketika mengajar kami. Sehingga ketika kami belajar bersamanya, kami semakin antusias dan bersemangat.

Upsss, kok malahan membahas Ustadzah cantik kami sih. 

oke, lanjut....

Setelah bel berbunyi menunjukkan waktu pukul 09.30 pagi, seusai kegiatan bermain di luar kelas, kami melanjutkan kegiatan bermain dan belajar di sentra seni. Setelah bermain, kami diminta istirahat sejenak sembari minum bekal yang kami bawa dari rumah. Lalu kami berbaris rapi memasuki ruangan sentra.

Sesampainya kami di ruangan sentra Seni, kami di ajak melihat beberapa gambar, ustadzah Ceskha menyebutnya dengan kegiatan tebak gambar. Beberapa gambar diantaranya adalah kadal, komodo, ular, buaya dan kura-kura. 

Ustadzah Ceskha lalu meminta kami melihat video kadal. Kami diminta ustadzzah mengamati binatang kadal yang terdapat dalam video. kami senang sekali melihat video itu. Tak lama kemudian, Ustadzah Ceskha mengajukan pertanyaan, "Apakah yang sudah dilihat oleh teman-teman?".

Kami menjawab dengan semangat, "hewan kadal itu, us..."

Lalu kami diminta menyebutkan ciri-ciri binatang kadal. kami sangat antusias menjawabnya. Hingga ustadzah menenangkan kami dengan beberapa jawaban, " baiklah teman-teman. Kadal adalah salah satu binatang reptil atau melata, melata adalah binatang yang berjalannya melata, jalannya merayap pelan".



Kami sangat antusias melihat dan mendengar penjelasan ustdzah. Tujuan ustadzah menjelaskan supaya kami tahu dan pahan apa itu binatang kadal. Tak hanya itu saja loh teman-teman. 

Ternyata di sentra seni, kami diajak untuk menuangkan kreativitas kami, kami diminta ustadzah menggambar kadal dari kadal kecil ke kadal besar. Namun, sbelum itu kami diminta menirukan jalannya kadal. Kami benar-benar memaksimalkan anggota tubuh kami untuk bergerak. Disentra Seni kami juga dilatih untuk melenturkan otot-otot bagian tubuh sehingga tubuh kami tetap kuat dan sehat.

Selain kegiatan menggambar dan merayap, kami juga diajak bermain play dough untuk membuat kadal. Kami benar-benar diajak untuk memaksimalkan kemampuan kami di bidang seni. Awalnya kami sudah menyerah dan tidak bisa membuat kadal. Pelan-pelan kami berusaha dan akhirnya kami bisa menyelesaikan, meski ekspektasinya belum sempurna. Setidaknya kami sudah berusaha.

Di Sentra Seni ini, kami benar-benar dimaksimakan kemampuan seni kami. seperti menggambar, berkarya dengan play dough, menyanyi dan menari. Karena kami masih anak usia dini sehingga kami masih sangat menyukai dunia olah vocal dan gerak tubuh.

Di Kampus Kami memang bermain dan belajarnya menggunakan sistem sentra. Karena dengan Sentra, kami dimaksimalkan kemampuan kami. Sehingga perkembangan kami kelak semakin lebih baik. Baik dari segi Nilai agama dan moral, Fisik motorik, bahasa, kognitif  dan seni serta sosial emosional.

Jadi, Di sentra seni mencakup ke enam perkembangan. Seperti sudah diceritakan di atas, 
1. Kegiatan Menonton Video Kadal
    Dari Kegiatan ini, anak mampu mengenal siapa yang menciptakan binatang kadal, sosial emosionalnya dapat tenang dan patuh ketika menonton dan bahasanya menjadikan kami mampu berbicara menyebutkan bagian-bagian tubuh kadal.
2. Merayap
    Kegiatan merayap ini adalah dari segi fisik motorik, penggunaan anggota tubuh kami, kami mengenal nama-nama anggota tubuh kami dan kegunaannya. Sosial dan emosionalnya, kami bermain lebih berhati-hati.
3. Menggambar Kadal
    Dengan menggambar, kami memaksimalkan kemampuan kognitif. Kemampuan berkreasi dengan modal imajinatif kami.
4. Membuat kadal dengan Play dough
    Berkarya seutuhnya, memaksimalkan kemampuan fisik motorik, kognitif, imajinatif, dan bahasa kami. kami mampu membuatnya.



Kegiatan kami benar-benar menyenangkan, bukan? itulah mengapa sekolah kami sebut dengan kampus pelangi ceria. Karena kegiatannya pun penuh warna hehe.

baiklah, sobat semua. Demikian cerita kegiatan kami hari ini ya. Semoga bermanfaat dan inspiratif.

Salam Ceria dari kami

Oke Oke Oke Yesssss :)

#Kelasnonfiksi
#OneDayOnePost
#Menulisidedarilingkungan sekitar Kampus Pelangi Ceria





5 komentar:

  1. Reptil binatang yang serem ya kakak, namun kita tetap harus menjaganya, biarlah mereka hidup di alamnya, niscaya akan berkembangbiak dengan baik
    #semangat

    BalasHapus
  2. Aakkk..lucu sekali hasil karya play doughnya..anak pintar 👍👍

    BalasHapus
  3. Wah seru... bisa ATM nih idenya buat krucil di rumah... 🥰😍

    BalasHapus
  4. Seru kegiatan sanggarnya.. keren kak

    BalasHapus
  5. keren banget kegiatanya..., menginspirasi

    BalasHapus