Kamis, 28 November 2019

Luar Biasa Literasi K'GUM Cilacap


Kamis, 28/11 tepat hari ini Matahari tersenyum merekah, pancarannya sangat memesona yang memandangnya, seperti halnya cahya itu menerangi suasana Gedung Dwijaloka Kabupaten Cilacap, yang dipenuhi oleh 170 peserta Loka Karya Kebahasaan dan Peluncuran Buku Karya Penulis K'GUM Cilacap. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00. Rangkaian Acara tersebut dalam rangka HUT PGRI Ke 74, HUT Guru Nasional dan HUT Ke-1 K'GUM Cilacap.

Hari ini adalah hari yang sangat luar biasa di Kota Bercahaya, mengapa dikatakan Luar biasa??? Yah, memang sangat luar biasa. Dalam moment acara ini sekitar 80 penulis di Cilacap telah menulis sekitar 102 Judul tulisan. Nah, siapa penulis itu? mereka kebanyakn adalah para guru.

Balai Bahasa Jawa Tengah saja dengan terang-terangan mengapresiasi pegiat literasi di Kabupaten Cilacap, terutama adalah pada kalangan pendidik atau guru.

Hal tersebut telah diungkap oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Bapak Tirto Suwondo dalam sambutannya, "Berkali-kali saya sampaikan bahwa Cilacap ini sungguh luar biasa dalam memaknai positif. Begitu muncul Komunitas guru menulis ini, produktivitasnya sangat tinggi. Dalam jangka yang relatif singkat dari bulan April sampai Oktober melahirkan 102 judul buku dari 80 penulis. hal ini sungguh luar biasa. Patut diapresiasikan." Ujar Bapak Tirto Suwondo.

Beberapa kali beliau mengisi acara kegiatan komunitas menulis di Cilacap sehingga pada kesempatan ini membuatnya terpukau dan sangat mengapresiasi atas semangatnya para pendidik kabupaten cilacap dalam bidang literasi.

Bahkan Bapak Tirto menyebutkan bahwa dalam tingkat Jawa Tengah, geliat literasi di kalangan para pendidik sangatlah tinggi. Terlebih lagi ia menyatakan guru yang sekaligus menjadi penulis dan melahirkan karya adalah bukan guru biasa. 

"Guru yang penulis itu bukan guru biasa. Hal ini juga berlaku untuk profesi lain yang bisa melakukan kegiatan menulis, dia bukan orang biasa. berkaitan dengan itu sangat panjang, karena yang bisa dicatat itu karyanya, bukan orangnya." ucap beliau.

Wah, memang sungguh luar biasa sekali ya...

Pada kesempatan kali ini, Bapak Tirto Suwondo secara simbolis melakukan peluncuran buku-buku karya para guru yang tergabung dalam K'GUM  dan dipamerkan di gedung Dwijaloka ini.

Pada hari ini juga bertepatan dengan hari kelahiran Bapak Tirto Suwondo, Panitia K'Gum memberikan surprise kepada beliau di akhir acara. Hal itu membuat Bapak Tirto sangat kaget dan terharu. Selama hidupnya bekerja dalam dunia literasi di Balai Bahasa Jawa Tengah. Belum pernah ia ketika mengisi acara diberikan sesuatu yang istimewa, " Saya sangat bersyukur dan tak akan melupakan moment ini. K'Gum Cilacap memang benar-benar Luar Biasa," ujarnya.

Lagi-lagi kami selalu mendapat kata apresiasi luar biasa dari beliau. Kami semakin mendapat suntikan semangat tiada terkira. Kami semakin ingin membuktikan dan mewujudkan bahwa 

KAMI..
SATU PENDIDIK
SATU KARYA


Atau bahkan lebih dari satu karya, sudah terbukti dari 80 Penulis menghasilkan 102 judul buku. Maka dari itu, sebisa mungkin para pendidik terus mengasah kemampuannya dalam bidang tulis menulis. jadi, tak hanya lisannya saja yang dapat menyampaikan ilmu. namun juga dapat dibuktikan dalam sebuah karyanya.

Harapan beliau, semoga para pegiat literasi Cilacap pada para guru untuk lebih dikembangkan dan dilatih terus bahkan tak hanya diri mereka yang berkarya. Setidaknya ilmunya juga dipraktikkan pada anak didiknya juga, sehingga anak didiknya pun dapat menghasilkan karya berupa buku yang bermanfaat.

Semoga K'GUM tahun depan tidak hanya memamerkan buku para guru melainkan juga hasil karya murid-muridnya. Baik berupa puisi, cerpen, novel, esai, opini dan resensi atau bahkan karya-karya yang lain.

Mari, para pendidik satukan karya dan visi misi kita dalam wadah Literasi yang mampu memfasilitasi yaitu melalui Komunitas Guru Menulis Cilacap yang mempunyai semboyan "BERSINERGI, BERKREATIVITAS, MENGINSPIRASI"

Lanjutkan K'GUM Cilacap

Salam Lierasi 

#KelasNonFiksi
#Onedayonepost

8 komentar: