Senin, 18 November 2019

Mengapa Harus Ada Etika Dalam Berteman?


Bismillah...

Hai, sobat, tentu kalian semua pasti mempunyai teman kan? Bahkan diantara kalian pasti mempunyai teman akrab, baik saat bermain di lingkungan rumah maupun di sekolah, Atau di lingkungan pekerjaan. 

ya, itu sebabnya mengapa manusia disebut makhluk sosial? karena manusia senantiasa bergaul dengan orang lain dan tidak mungkin hidup sendiri-sendiri. Sobat semua pasti demikian kan? sobat semua tidak mungkin dapat hidup sendiri-sendiri, pasti membutuhkan orang lain.

Hai, Sobat, dalam berteman pun kita harus mempunyai etika. Mengapa? Karena, supaya kita tidak salah dalam  berteman. Kita harus tahu adab atau etikaanya. Sobat semua yang dimuliakan Allah, berikut  ini akan dipaparkan Bagaimana Adab dalam berteman :

1. Adab Sebelum Berteman
  •    Memilih Teman yang baik 
Salah satunya adalah dalam memilih teman-teman yang baik. Karena, kalau kita salah dalam memilih teman, maka akan membahayakan diri kita, baik di dunia maupun besuk ketika kita hidup di alam akhirat.

Nah, salah satu gambaran pertemanan yang terjalin hingga ke negeri akhirat adalah berteman dengan orang-orang yang bertakwa. Seperti dalam Al Qur'an, Allah ta'ala berfirman :

"teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa." (Az-Zukhruf : 67)

Sobat, pengaruh teman memanglah sangat besar. Teman yang baik akan mendorong kita untuk melakukan kebaikan. Sebaliknya, teman yang buruk akan menggoda kita melakukan perbuatan-perbuatan buruk pula. Bahkan, Rasulullah SAW menggambarkan perumpamaan teman yang baik seperti pemilik minyak wangi, sedangkan teman yang buruk seperti tukang pandai besi.
  • Berteman Karena Allah Ta'ala
Sobat semua yang dicintai Allah, niat yang lurus harus ada dalam setiap ucapan dan perbuatan kita, sesuai dengan sabda Nabi kita, Muhammad SAW :

"Sesungguhnya segala amalan tergantung pada niat. Dan, setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkan" HR. Bukhari dan Muslim.

Nah, dalam berteman setidaknya sobat semua diniatkan hanya untuk mencari ridha Allah Ta'ala, bukan karena keinginan-keinginan dunia, seperti mencari kedudukan dan popularitas. Berteman yang murni adalah mengharap pahala dari Allah seperti inilah yang disukai Allah.

2. Adab Ketika Berteman
  • Menampakkan Senyum di Hadapan Teman
Sobat, Kita harus berbuat baik kepada teman-teman kita, seperti senantiasa memberikan senyum ceria yang menghangatkan, bersikap lembut dan berkasih sayang. Apalagi senyuman di hadapan teman- kita itu termasuk sedekah. Jabir Radhiyallahu'anhu pernah berkata, "Setiap perbuatan baik adalah sedekah, dan sesungguhnya termasuk perbuatan baik adalah seseorang menjumpai saudaranya dengan wajah berseri-seri."

Nah, Sobat, sikap lemah lembut, ramah dan kasih sayang adalah perkara yang menguatkan ikatan pertemanan. Salah satu perbuatan yang mudah dilakukan adalah dengan berjabat tangan.

Berjabat tangalah dengan saudaramu, niscaya akan menghilangkan kedengkian saudaramu. serta saling berilah niscaya kamu akan saling mencintai. HR. Malik.

  • Mengucap Salam dan Menjawab Salam
Sobat semua yang dimuliakan Allah, diantara adab sesama teman adalah mengucap salam kepada teman dan membalas salamnya jika ia mengucapkannya terlebih dahulu. Mengucap salam adalah salah satu hak sesama muslim.
  • Memenuhi Undangan Teman
Sobat semua yang dicintai Allah, diantara adab atau etika berteman adalah apabila temanmu mengundangmu ke rumahnya, misalnya untuk makan bersama di rumahnya, maka hendaklah engkau menghadiri undangan tersebut. sebab, ketika ia mengundangmu, artinya ia sangat ingin engkau datang ke rumahnya. Bila engkau datang, maka ia akan sangat senang. Nah, untuk itu sebisa mungkin engkau harus memenuhi undangan temanmu.
  • Saling Memberi Nasihat
Sobat, saling nasihat-menasihati adalah hal yang sangat dicintai Allah. untuk itu, mari kita senantiasa saling memberi nasihat dalam hal kebaikan dan takwa kepada Allah Ta'ala.
  • Menjenguk Ketika Sedang Sakit
Sobat, ketika teman kita sedang sakit hendaknya segera menjenguknya. Hal ini akan membantu mengobati kesedihannya. selain itu, juga dapat menghiburnya.
  • Mendoaknnya
Sobat,  di antara bentuk ketulusan dalam berteman adalah senantiasa saling mendoakan sesama muslim, meski tanpa sepengetahuannya.

Baiklah sobat semua yang dirahmati Allah, uraian di atas adalah sejumlah adab atau etika dalam berteman yang telah disampaikan oleh Rasulullah.

Semoga beberapa adab sebelum berteman dan adab ketika berteman ini dapat diambil manfaatnya serta sobat semua dapat mengamalkannya. Karena segala yang dilarang oleh Nabi akan membawakan kemudharatan sedangkan segala yang dicontohkan Nabi akan membawakan manfaat.

Allahul Musta'an

Barakallahu fiikum



1 komentar: